20 Oktober 2009

Psikologi Perkembangan

PSIKOLOGI PERKEMBANGAN 

Anak memiliki masa dimana dia bertumbuh dan berkembang. Anatar pertumbuhan dan perkembangan memiliki perbedaan. Yaitu kalau pertumbuhan cirri-cirinya terlihat dan terukur (kuantitatif). Misalnya dari yang tingginya 100 cm menjadi 150 cm sedangkan perkembangan lebih melibatkan mental (psikis).

Kita perlu mempelajari tantang perkembangan dan pertumbuhan adlah karena adanya kebutuhan. Yaitu kebutuhan primer dan skunder. Adapun aliran –aliran dalam psikologi perkembangan. Yaitu 1) Teori tabularasa (John Locke). Teori ini mengatakan kita adalah seperti kertas putih. Ini berarti pertumbuhan dan perkembangan seseorang sangat bergantung pada lingkungannya. Lingkungan memberikan dia pengalaman-pengalaman. Antara lain berupa sensasi (ekspresi terhadap sesuatu) atau respon (misalnya menolak sesuatu) terhadap sesuatu. 2) aliran Gestalt. Menurut aliran ini, yang penting itu adalah keseluruhan. Manusia dianggap sehat ketika keseluruhan ada padanya. 3) Aliran Sosiologis. Menurut aliran ini, tarzan bukan termasuk manusia. Karena manusia butuh berinteraksi dengan sesamanya manusia. Karena adanya proses sosialisasi, untuk ini sekolah ada. Setiap anak harus berinteraksi.

Ciri – ciri Perkembangan intelektual remaja (12-21 tahun) antara lain : 1) Berpikir bersifat deduktif hipotesis antara lain : Mencari pembenaran bersifat teoritis b. Menganalisis masalah c. Mengajukan cara penyelesaian masalah d. Mengajukan pendapat/ prediksi/ proporsi e. Mencari hhubungan antara proporsi 2) Berpikir Operasional dan Kombinasoris. Maksudnya melakukan analisis secara ilmiah (berpikir ilmiah). Kedua hal ini penting untuk implikasi ke pendidikan antara lain : a) Merangsang untuk diskusi dan penulisan makalah b) Mengamati kecenderungan siswa untuk berpartisipasi c) Jangan batasi pengetahuan, jangan banyak aturan. Biarkan anak mengekspresikan dirinya d) Mengalami kesulitan menangkap konsep-konsep abstrak e) Mencoba memahami tingkat pemahaman yang berbeda-beda f) Mendorong untuk proses menemukan g) Tugas-tugas yang menantang h) Tugas-tugas yang diberikan, diprediksikan kalau si anak dapat mengerjakannya dan yang lebih tinggi muatannya i) Berikan tugas yang menantang j) Didalamnya ada masalah. Si anak ditantang untuk menemukan jalan keluarnya g) Apa yang diajarkan relevansi dengan kehidupan di amasa depan hMengandung nilai-nilai yang bermakna bagi kehidupan h) Pembelajaran melibatkan siswa secara aktif i) Peluang berekspresi dan berkarya j) Metode pembelajaran → keterampilan proses/ inquiri/penemuan.

Profilku

PROFILKU

Nama saya Magdalena Sianturi. Saya bersuku batak. Tetapi lahir di Jakarta tanggal 29 Maret 1990. Saya bertempat tinggal di Jln. Asem RT/ RW : 007/ 04 No. 37 Kelurahan: Kelapa Dua Wetan Kecamatan : Ciracas, Jakarta Timur. Kode Pos 13730. Kedua orang tua saya membuka usaha warung makan khusus untuk orang- oran bersuku batak. Yang sering disebut “Lapo”. Saya anak ke-2 dari 4 bersaudara. Abang saya sudah lulus kuliah dari Tri Sakti. Adik Pertama saya, Laki-laki, tahun ajaran 2009/2010 duduk di bangku kelas XI SMK. Sedangkan adik kedua saya, Perempuan, tahun ajaran 2009/2010 duduk di bangku kelas 9 SMP.

Saya mengenyam pendidikan dasar di Sekolah Dasar Negeri 03 Cipayung. Adapun prestasi yang saya peroleh di tingkat ini yaitu saat saya berada di kelas 6. Saya masuk peringkat 5 besar. Lalu saya melanjutkan ke jenjang berikutnya di Sekolah Menengah Pertama Negeri 208 Centex. Pada jenjang ini saya memperoleh prestasi yang menurut saya, gemilang. Karena pada saat saya di kelas 1 SMP saya memperoleh peringkat 2. Di tingkat 2 SMP, peringkat saya naik. Saya menempati peringkat paling tinggi di kelas. Dengan jumlah murid 38 anak. Dengan jumlah nilai raport paling tinggi dalam 1 angkatan. Terdapat 7 kelas. Yang rata-rata murid setiap kelas kurang lebih 40 orang. Lalu saat di Kelas 3 SMP, saya mempertahankan peringkat ini. Saya tetap menjadi juara kelas. Saat di tingkat ini, saya menyukai pelajaran Matematika dan Fisika. Dalam kelas, saya termasuk orang yang pintar untuk kedua mata pelajaran ini. Oleh karena itu, sekolah memberikan kepercayaan kepada saya untuk ikut lomba fisika antar sekolah dalam satu kecamatan. Saat itu saya masuk dalam peringkat 10 besar. Saat Ujian hasil UAN (Ujian Akhir Nasional) keluar. Ternyata hasil saya (Disebut NEM) paling tinggi dalam 1 angkatan. Dengan nilai Matematika yang paling tinggi. Sekolahpun memberikan penghargaan kepada saya.

Nilai NEM yang tinggi, membuat saya berani untuk mendaftar di Sebuah Sekolah Menengah Atas Negeri yang pada saat tahun 2004/2005 merupakan sekolah unggulan. Yaitu SMUN 14 Jakarta. Lulus dari SMA, saya ingin sekali melanjutkan ke sebuah Perguruan Tinggi Negeri. Tetapi pada saat saya lulus (tahun 2007), saat itu kedua orang tua saya belum memiliki cukup uang untuk menguliahkan saya. Jadi selama 1 tahun saya menunggu. Puji Tuhan, selama 1 tahun ini saya beroleh kesempatan untuk menjadi guru. Yaitu guru Privat. Mengajarkan mata pelajaran Matematika Dai tingkat SD – 1 SMA sampai hari ini (2009). Kalau di total sampai saat ini, saya sudah mengajar 10 orang. Selain guru privat selama tahun 2007-2008 saya juga mengajar di sebuah SDN 01 Mekarsari sebagai guru Bahasa Inggris kelas 1-3. Saya juga dipercayakan untuk menjadi asistan guru di sebuah TK khusus untuk anak – anak yang kurang mampu. Ketiga pekerjaan tetapi 1 profesi tersebut saya jalankan selam thaun 2007-2008. Sehingga penghasilan saya rat-rata mencapai di atas 1 juta perbulan (lebih dari yang saya harapkan).

Penantian saya berakhir. Saat yang ditunggu – tunggu itupun datang. Karena kerinduan saya yang kuat untuk kuliah di sebuah perguruan tinggi negeri, sayapun memberanikan diri untuk ikut SPMB (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru). Dengan persiapan yang hanya 10 hari dengan 90% belajar sendiri dan yang pastinya saya berdoa juga, Puji Tuhan saya lulus seleksi. Saya diterima sebagai mahasiswi Universitas Negeri Jakarta (UNJ) jurusan Manajemen Pendidikan. Dengan jurrusan ini, saya bermimpi untuk membangun sebuah sekolah yang ada di pedalaman. Doakan saya ya!