PSIKOLOGI PERKEMBANGAN
Anak memiliki masa dimana dia bertumbuh dan berkembang. Anatar pertumbuhan dan perkembangan memiliki perbedaan. Yaitu kalau pertumbuhan cirri-cirinya terlihat dan terukur (kuantitatif). Misalnya dari yang tingginya 100 cm menjadi 150 cm sedangkan perkembangan lebih melibatkan mental (psikis).
Kita perlu mempelajari tantang perkembangan dan pertumbuhan adlah karena adanya kebutuhan. Yaitu kebutuhan primer dan skunder. Adapun aliran –aliran dalam psikologi perkembangan. Yaitu 1) Teori tabularasa (John Locke). Teori ini mengatakan kita adalah seperti kertas putih. Ini berarti pertumbuhan dan perkembangan seseorang sangat bergantung pada lingkungannya. Lingkungan memberikan dia pengalaman-pengalaman. Antara lain berupa sensasi (ekspresi terhadap sesuatu) atau respon (misalnya menolak sesuatu) terhadap sesuatu. 2) aliran Gestalt. Menurut aliran ini, yang penting itu adalah keseluruhan. Manusia dianggap sehat ketika keseluruhan ada padanya. 3) Aliran Sosiologis. Menurut aliran ini, tarzan bukan termasuk manusia. Karena manusia butuh berinteraksi dengan sesamanya manusia. Karena adanya proses sosialisasi, untuk ini sekolah ada. Setiap anak harus berinteraksi.
Ciri – ciri Perkembangan intelektual remaja (12-21 tahun) antara lain : 1) Berpikir bersifat deduktif hipotesis antara lain : Mencari pembenaran bersifat teoritis b. Menganalisis masalah c. Mengajukan cara penyelesaian masalah d. Mengajukan pendapat/ prediksi/ proporsi e. Mencari hhubungan antara proporsi 2) Berpikir Operasional dan Kombinasoris. Maksudnya melakukan analisis secara ilmiah (berpikir ilmiah). Kedua hal ini penting untuk implikasi ke pendidikan antara lain : a) Merangsang untuk diskusi dan penulisan makalah b) Mengamati kecenderungan siswa untuk berpartisipasi c) Jangan batasi pengetahuan, jangan banyak aturan. Biarkan anak mengekspresikan dirinya d) Mengalami kesulitan menangkap konsep-konsep abstrak e) Mencoba memahami tingkat pemahaman yang berbeda-beda f) Mendorong untuk proses menemukan g) Tugas-tugas yang menantang h) Tugas-tugas yang diberikan, diprediksikan kalau si anak dapat mengerjakannya dan yang lebih tinggi muatannya i) Berikan tugas yang menantang j) Didalamnya ada masalah. Si anak ditantang untuk menemukan jalan keluarnya g) Apa yang diajarkan relevansi dengan kehidupan di amasa depan hMengandung nilai-nilai yang bermakna bagi kehidupan h) Pembelajaran melibatkan siswa secara aktif i) Peluang berekspresi dan berkarya j) Metode pembelajaran → keterampilan proses/ inquiri/penemuan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar